Perlengkapan satpol pp

20 Januari 2014

Perlengkapan satpol pp

Apa Saja Perlengkapan Satpol PP

Satpol PP atau Satuan Polisi Pamong Praja merupakan aparatur negara yang bertugas untuk menjaga ketertiban di lingkungan masyarakat. Satpol PP biasanya adalah aparat yang bertugas menertibkan para pedagang kaki lima, merazia gelandangan dan pengemis, dan menggusur orang – orang yang menempati lahan pemerintah. Tugas yang diemban oleh Satpol PP tentu tidak mudah. Pasalnya, mereka langsung berurusan dengan masyarakat dan kadang harus menghadapi masyarakat yang protes. Mengingat tugas yang berat tersebut, Satpol PP tentu memerlukan atribut atau perlengkapan khusus. Perlengkapan satpol pp tidak hanya sebatas seragam tetapi juga sebagai alat untuk melindungi diri jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti bentrokan. Atribut satpol pp berbeda dengan polisi lalu lintas maupun polisi lainnya. Lalu, apa saja perlengkapan yang wajib digunakan oleh para polisi pamong praja?


perlengkapanseragamsatpolpp

Seragam

Sama seperti aparat negara lainnya, satpol pp juga memiliki seragam sendiri. Seragam tersebut digunakan pada saat jam kerja. Seragam satpol pp sudah termasuk sepatu pdh, kaos kaki, logo satpol pp, baret, dan seragam PDH Pol PP. Seragam tersebut biasanya terbuat dari bahan Ripstok sehingga cukup nyaman saat digunakan. Seragam satpol pp secara tidak langsung juga menjadi identitas polisi pamong praja sehingga dapat dikenali oleh masyarakat dan membedakan satpol pp dengan aparat negara yang lain.

Pentungan

Jika melihat berita tentang penggusuran atau razia PKL, Anda tentu akan melihat para polisi pamong praja yang membawa pentungan. Pentungan ini tentu saja bukan untuk melukai masyarakat tetapi hanya berfungsi sebagai alat perlindungan jika aparat diserang oleh oknum.Pentungan tersebut panjangnya ada yang 40 cm dan 60 cm. Selain itu, pentungan tersebut biasanya juga masih dilapisi dengan karet sehingga tidak hanya sekedar kayu panjang saja.

Helm

Perlengkapan satpol pp ini pada dasarnya berfungsi sebagai alat pelindung kepala. Helm tidak selalu digunakan saat para polisi pamongpraja bekerja. Biasanya, helm hanya digunakan saat polisi pamong praja bertugas di tempat – tempat yang rawan terjadi kekerasan seperti di tempat demo dan area penggusuran lahan. Helm yang digunakan tentu harus memiliki kualitas yang baik dan tahan terhadap benturan yang keras agar dapat melindungi pemakainya dengan baik.

Peluit

Perlengkapan kecil yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan. Pasalnya, ini juga termasuk salah satu atribut seragam satuan polisi pamong praja dan berfungsi sebagai alat peringatan.Peluit biasanya disertai dengan talikur.

Tameng

Tameng merupakan salah satu perlengkapan satpol pp yang tidak wajib digunakan. Namun, perlengkapan ini juga wajib dibawa saat para polisi pamong praja menjalankan kewajibannya untuk menertibkan masyarakat. Tameng yang digunakan oleh satpol pp biasanya terbuat dari bahan fiber berukuran 4 mm atau 5 mm. Sama seperti helm, tameng ini berfungsi sebagai alat perlindungan



Baca juga
  »
25 Februari 2015
Kaos Dalam
Kaos oblong terbuat dari bahan katun dengan dua warna yang terdiri atas

  »
25 Februari 2015
Belanja Pakaian Kerja Polisi Pamong Praja
Spesifikasi teknis untuk pekerjaan Belanja Pakaian Kerja Polisi Pamong Praja

  »
28 Januari 2014
Pakaian seragam satpol pp
Pakaian seragam satpol pp

  »
25 Januari 2014
Jual Perlengkapan Satpol PP Murah
Jual Perlengkapan Satpol PP Murah

  »
21 Januari 2014
Paket Perlengkapan Seragam Satpol PP Murah
Paket Perlengkapan Seragam Satpol PP Murah